MENGENAL PATUNG MERLION SINGAPURA

By Arif Ahmad Fauzi - Oktober 15, 2019




Assalamu'alaikum...

Sahabat Youthisme adakah yang pernah ke Singapura ?

Apa yang ada dalam fikiran anda ketika mendengar negara Singapura ? :)

pastinya kita sepakat ya kalo Singapura ini merupakan salah satu Negara yang mempunyai daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan. Walaupun negaranya kecil, Singapura tergolong Negara yang sangat ketat, bahkan Negara ini sering dijuluki dengan sebutan Negara 1001 larangan dikarenakan banyak peraturan yang ada di Negeri singa ini. 😅

Sahabat Youthisme tentu sudah tidak asing lagi kan dengan salah satu ikon Negara Singapura ? coba tebak apa itu ? 😊😊
yap... pastinya Singapura terkenal dengan ikon patung singanya kan hhe...

Patung singa yang menjadi ikon Singapura disebut sebagai "Patung Merlion Singapura".
Patung ini tingginya 8,6 meter dan beratnya 70 ton. Patung Merlion dibangun dari campuran semen oleh seniman Singapura, Lim Nang Seng.
Menurut kampanye publikasi Badan Pariwisata Singapura, makhluk berkepala singa dan bertubuh ikan ini mengingatkan akan kisah tentang Sang Nila Utama yang legendaris, yang melihat seekor singa selagi berburu di sebuah pulau, dalam perjalanannya ke Malaka. Pulau itu belakangan dikenal sebagai pelabuhan Temasek, yang kemudian menjadi Singapura.

Di Singapura ternyata ada lima Merlion resmi yang disetujui oleh Badan Pariwisata Singapura, dua merliom di Merlion Park (karya pematung Lim Nang Seng, selesai 1972), sebuah Merlion yang lebih kecil dan yang lainnya adalah Merlion yang utama.

Merlion lainnya termasuk:

- Satu di Pulau Sentosa, sebuah replika yang lebih tinggi
- Gunung Faber
- Tourism Court di Orchard Spring Lane

Jika Shabat Youthisme perhatikan dengan seksama, kita bisa melihat bentuk patung Merlion adalah kepala singa yang berbadan ikan yang seperti berada di atas ombak. hal ini tentunya ada makna tersembunyi dari pembuat patung tersebut. Konon kepala singanya merupakan lambang sosok singa yang pernah dilihat oleh pangerang Sang Nila Utama, ia berjumpa dengan singa tersebut saat ia menemukan kembali Singapura pada Tahun 11 Masehi. Kisah ini bukan hanya cerita atau dongeng semata namun juga sudah menyebar dalam "Sejarah Melayu"

Sementara badan yang berbentuk ikan dalam patung merlion merupakan lambang kota kuno Temasek, yang dalam bahasa jawa berarti laut. Temasek adalah nama negara ini sebelum Pangeran Sang Nila Utama mengubahnya menjadi "Singapura" yang dalam bahasa Sansekerta bermakna "Kota Singa".

Fakta lainnya yaitu di balik patung Merlion ini terdapat sejarah yang panjang, antara lain adalah bahwa awalnya Singapura merupakan sebuah perkampungan nelayan yang sederhana.

Gambar beberapa tempat yang sering dikunjung wisatawan di Singapura, gambar 1 sedang berada di dekat Patung Merlion Singapura, gambar kedua adalah Marina Bay Sands.
     





  • Share:

You Might Also Like

0 komentar